Postingan

Menampilkan postingan dari Februari, 2018

Cara Sederhana Saya Lepas dari Jerat Middle Income Trap Bareng Jenius

Gambar
Setelah menjadi ibu dan memutuskan untuk nggak bekerja saya mengalami banyak perubahan. Bukan tentang rasa bosan dengan ruang lingkup IRT yang amat terbatas. Toh, hal tersebut sudah berhasil saya hempas. Hihihi..

Yuk baca curhatan saya di sini.
Yaitu sebuah masalah klasik yang menjangkit sebagian besar pasangan muda sekaligus baru pertama punya anak. Ketika sumber pendapatan berkurang namun kebutuhan hidup justru semakin banyak. Tapi, ketika sumur baru berhasil dibuat, ehh kenapa tetep nggak punya tabungan ya?

Yeay, Akhirnya Saya Sadar!
Dengan mepetnya finansial setelah resign, saya akhirnya sadar bahwa keuangan saya selama ini memang nggak sehat. Beberapa hal yang membuat saya akhirnya sadar adalah :

1. Saya nggak punya tabungan. Yes, sepanjang saya bekerja saya nggak punya saldo di rekening dengan nominal yang berarti.

2. Ketika butuh sesuatu yang bersifat darurat saya nggak punya dana cadangan.

3. Saya memimpikan sesuatu tetapi saya nggak sanggup beli padahal harganya masih rasiona…

Prive Uri-cran, Solusi Alami untuk Anyang-anyangan

Gambar
Ketika itu frekuensi ingin buang air kecil saya meningkat namun saat di kamar mandi, volume yang keluar justru sedikit. Mungkin kalah ya dengan tegangnya kontraksi menjelang melahirkan. 

Panik membuat saya tidak mampu berfikir untuk mencari cara mengatasi susah buang air kecil yang saya rasakan.

Hingga saya lupa detik ke berapakah tepatnya saya tidak bisa buang air kecil. Yang masih teringat jelas hanya rasa mulas yang makin bertambah. 

Beruntung proses melahirkan yang diawali kontraksi palsu yang terasa semenjak pukul tiga sore, berakhir dengan launching-nya si debay di 14 November 2015 pada 10.40 WIB atau keesokan siangnya tanpa halangan yang berarti.

Hingga pada keesokan paginya saya tetap belum bisa buang air kecil.

Lucunya saya nggak ngeh kalau kondisi tubuh belum sepenuhnya pulih. 

Saya dipersilakan pulang. Hingga puncaknya adalah malam pertama saya di rumah. 

Kenapa ya setiap hendak berbaring rasanya tubuh ini tidak mampu? Rasa sakit yang berpusat di perut bagian bawah yang bikin saya…

Mp-Asi Bebas Drama Bersama Philips Avent Baby Food Maker 4 in 1

Gambar
Semua orang tua di era modern saat ini, saya yakin pasti memahami pentingnya 1000 hari pertama kehidupan anak.
1000 hari pertama dimulai sejak bayi dalam kandungan hingga berumur dua tahun.
Ini adalah masa yang tepat untuk mengoptimalkan kemampuan berfikirnya sekaligus masa krusial karena kesehatan jangka panjang dan jangka pendeknya ditentukan oleh kecukupan nutrisi di periode ini.
Seperti ibu kebanyakan, saya pasti ingin memberikan nutrisi yang terbaik untuk anak.
Namun dalam prakteknya, memasuki masa MP-ASI atau saat usianya mencapai 6 bulan perjalanan tak semudah yang dibayangkan.




Mungkin jika hanya soal penolakan anak terhadap makanan yang masuk ke dalam mulut saya rasa wajar. Bagaimana pun makanan adalah benda asing baginya karena sebelumnya ia hanya mengkonsumsi ASI.
Tapi kalau mengingat getolnya berjibaku di dapur bermodal alat perang yang serba manual yaa ngilu juga sih. Hehe.
Pure manual tanpa menggunakan alat bantu seperti blender maupun slowcooker.
Saya menghaluskan nasi d…

Haha Hihi Saat Menyentuh Kepala Empat, Versi Saya

Gambar
Alhamdulillah masih agak lama sih tapi ini dia beberapa yang ingin saya lakukan agar usia 40 tahun saya tetap haha-hihi, 
1. Berkebun
Sejak kecil saya sudah akrab dengan dunia tanaman. Ibu saya suka sekali bunga anggrek. Sampai pernah ada yang menawar anggrek koleksinya tapi nggak dikasih. 
Setiap ada pameran, stand yang tak luput dari kunjungan adalah stand pembudidayaan tanaman anggrek.
Gg mowning.. Sebuah kiriman dibagikan oleh www.holatami.com (@tammyatammy) pada 2 Apr 2017 jam 7:16 PDT

Ingat banget, saya cuma bisa terkagum-kagum ketika melihat anggrek yang dibudidayakan di botol-botol kaca ukuran mini.  
Pulang dari sana pasti membawa oleh-oleh pot berisi anggrek. 
Dan suatu hari nanti di umur empat puluh tahun *semoga masih diberi waktu* saya pingin meluangkan waktu untuk kembali merawat anggrek-anggrek.

Selain anggrek saya juga pingin bikin apotek hidup. 
Baca : Pengobatan Tradisional, Yay or Nay?
Biar kalau sakit nggak dikit-dikit ke dokter.




Yaps, setelah resmi menyandang stat…

Prive Uri-Cran, Solusi Alami untuk Anyang-anyangan

Gambar
Akhir-akhir ini saya sempat merasa nggak nyaman karena sebentar-sebentar rasanya ingin buang air kecil.
Kalau sudah begitu ancaman anyang-anyangan akan selalu menghantui. Apalagi dulu saya pernah merasakan nggak bisa pipis. Ini adalah hal yang sangat mengerikan. 
Naudubillah deh. 
Tetiba saya ingat kalau pernah mendapat kiriman Prive Uri-cran. Selama ini saya sempat ragu karena bagaimanapun pingin yang fresh ya. Apa-apa bikin sendiri dari buah segar. 
Namun keraguan berangsur pudar setelah baca-baca uricran.co.id.
Prive Uri-cran terbuat dari ekstrak buah Cranberry. 


Ah,  saya jadi ingat pelajaran di ekstrakurikuler dulu, pengawetan makanan bisa dilakukan dengan cara mengurangi kadar air, salah satunya adalah menjadikannya dalam bentuk ekstrak. 
Hmm..

AFSSA atau lembaga pengawas obat dan pangan Perancis di bulan April 2004, mengijinkan pemakaian jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. 

Ini dibuktikan dengan 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan kala…

Mengapa Dilan?

Gambar
Dimanapun sepertinya lagi booming Dilan yaa.. 
Saya mah belum bisa move on dari adegan per adegan The Amazing Spiderman yang tayang di Bioskop Trans Tv kemarin-kemarin itu hohoho.. 
Saya jadi ingat dulu juga ngrasain kayak gini pas liat pertama kali Spider Man. Waktu itu yang berperan sebagai Peter Parker adalah Tobey Maguire. 
Saya anaknya gampang baper sih. Rasanya nggak adil ya dua instan saling mencinta harus berpisah. 
Apalagi di The Amazing Spider Man, Gwen Stacy-nya metong. Serasa nggak adil. Sampai-sampai ada niat buat ngarang sendiri alur percintaan mereka. Tanpa ada yang mati duluan. Tanpa ada pengorbanan-pengorbanan yang nggak berkesudahan. Padahal ini yang bikin gemes. 
Pinginnya bikin yang tipikal anak muda lagi jatuh cinta penuh bunga-bunga dengan konflik yang nggak gitu kompleks. Happily ever after pokoknya. Cetek banget memang.
Hahaha. 
Btw, saya lebih suka yang The Amazing Spider Man sih karena yang main Andrew Garfield dan Emma Stone. 
Lebih muda gitu loh. 
Percikan-…

Balasan Bagi Si Pemalas

Gambar
Jadi ceritanya kemarin aku merasa  malas banget sama dunia tulis menulis. Perkiraan sementara karena  sudah dua minggu non stop nulis serius terus. 
Aku sempat merasa bahwa tulisanku makin ke sini kok makin turun kualitasnya. 
Apakah aku harus mengurangi jadwal posting blog ku?

Pengobatan Tradisional, Yay or Nay?

Gambar
Sebelumnya saya mau berpesan supaya jangan bosan kalau saya lagi dan lagi mau ngobrolin seputar kejadian setelah melahirkan kemarin.
Hahaha. 
Iya, yang bisa dibaca di sini. 
Karena hari ini saya ingin membahas soal pengobatan dari bahan herbal alias dari tumbuhan obat.
Yay or nay? 
Saat belum bisa buang air kecil saya belum ngeh kalau sebenarnya badan saya belum benar-benar sehat.
Mungkin karena tubuh saya masih mampu menahan. Hingga saat saya tercyduk bidan tempat saya melahirkan. Dan tersematlah selang bantu pipis a.k.a kateter di saluran kencing *letaknya atas bawah dengan jalan lahir yang belum lama dijahit. 
Yang pernah operasi pasti nggak asing lagi yaa.. 
Dari bidan saya pindah ke dokter tempat saya rutin cek kehamilan. Setelah dilepas ternyata belum bisa pipis dengan berat hati saya pun pakai kateter lagi.
Prosedurnya, ketika kateter dilepas namun belum bisa pipis ya dipasang lagi.
Saking nggak tahannya *padahal kalau pakai kateter wajar pas pipis rasanya nggak nyaman gitu* s…

Ketika Menulis Menjenuhkan

Gambar
Eh kok sama ya. Aku juga ga pernah dapet pujian dari suami hahaha. Jangankan dipuji,  dukungan pun enggak, dilirik nggak pernah. AHAHAHAAAA.

Rasanya setiap hari cuma dibikin sebel. Diremehin.
Baper? No way yaa.. Krn aku suka nulis jaaaaauuuuuuh sebelum suka dia. Jadi enggak ada yg akan bisa melarangku menulis kecuali malesnya yang datang dari diri sendiri. Huahuahua. Tapi, nggak lama, sih yaa.. Doain nggak lama yaa..

Lagi bingung mau nulis apa ehh teh Icha update beginian. Kok sama yaa.. Ya sudah ku-share dan malah dipanjangin dikit jadi deh blogpost.. 

Oh Tuhan sungguh maafkan aku atas ketidakberdayaan ini. 

*lanjut baca
🕺🏻 Melompat Lebih Tinggi 🌟 . Kemarin waktu coba YouTube-an, aku cuma tahan 6 bulan terus nggak semangat lagi karena terlalu capek. Ini gambar udah 6 bulan dan ternyata nggak bosan sama sekali! Iya sih karena gambar mah cita-cita dari kecil banget cuma emang nggak pernah niat belajar. . Nggak pernah niat karena aku dulu yakin aku nggak bakat. Padahal mah nyoba aja belum!…

Resep Masker dari Bahan Dapur

Gambar
Kalau kita mempunyai pemikiran bahwa cantik adalah ketika skincare yang kita pakai mihil-mihil rasanya agak keliru ya. 
Karena yang bikin cantik sebenarnya adalah bagaimana kita mendisiplinkan diri untuk merawat. 
Punya skincare mahal tapi angot-angotan ya percuma. *yang nulis pun masih mengenaskan sekali tingkat kedisiplinannya huhu.
Ini sama artinya dengan ketika kita menemukan foto bagus tetapi yang keluar dari mulut justru, "fotonya bagus, pakai kamera apa?"
Hahaha. *menertawakan diri sendiri.
Aku pun baru sadar ketika membaca tulisan orang dan akhirnya hanya bisa pasrah bilang, "eh iya ya!"
Bukti menyatakan saat melihat hasil jepretan adikku yang bagus-bagus tapi begitu mencoba sendiri DENGAN KAMERA YANG SAMA nyatanya hasilnya zonk!! 
HAHAHA 😂😂😂


Bedaknya bagus! Pakai bedak apa?Lipstiknya bisa nempel bagus gitu! Pakai merek apa? Anaknya endut, dikasih vitamin apa? Badannya langsing! Diet nya apa? Pantes Jennifer Bachdim badannya langsing walau udah melahirka…

14 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Sekolah Anak

Gambar
Nggak pernah menyangka mencari sekolah anak gini banget ya rasanya. Padahal ini baru playgroup lho! Ternyata tak kalah menguras dibanding mempersiapkan biayanya.
Dulu yang ada di pikiran saya, mencari sekolah itu hanya perlu menyiapkan dana dan sudah tinggal daftar. 
Kemudian saya mulai googling daftar sekolah di daerah saya, membaca blog para ibu-ibu yang punya pengalaman lebih dulu serta wawancara ibu-ibu sekitar rumah.

Terkumpullah daftar yang bakal jadi bahan pertanyaan menuju sekolah pilihan, 
1. Jarak sekolah dengan rumah
Iya jangan terlalu jauh karena bensin sekarang mahal. Kalau bisa sih yang searah dengan tempat kerja supaya bisa sekalian angkut. 
2. Fasilitas
Ruang kelas, kamar mandi, tempat tidur,  ruang bermain. Pokoknya kita kelilingi seisi sekolah.

Berapa jumlahnya, lihat kamar tidur : apakah terkena sinar matahari, sprei diganti berapa minggu sekali, satu tempat tidur untuk berapa anak atau setiap anak mendapat jatah satu tempat tidur (sesuai sama tips yang diberi teh …

Apa Sih yang Ada di Dalam Pouch-mu?

Gambar
Karena sudah berhenti dari dunia kerja alias jadi ibu rumah tangga, aku sudah jarang berdandan. Hmm padahal nggak harus punya alasan ke luar rumah kalau mau dandan yaa. 
Dandan buat suami misal. 
Oh iya, salah satu yang pingin aku ubah dalam kehidupan sehari-hari adalah rutinitas yang karena cuma di rumah jadi nggak menyempatkan dandan. 
Aku pingin sih, bangun setiap pagi terus mandi dengan air yang seger gitu. Lalu dandan.
Karena setelah punya anak aku suka mandi sesempatnya. Jam sembilan, sepuluh bahkan jam empat gitu baru mandi. 😩😩😩
Hmm ngomongin soal dandan bikin aku ingat sama make up, kemudianhadirlah pertanyaan apa sih item wajib hadir di pouchmake up? Hehehe. *siapa tahu ada yang pingin tahu 🙀HAHAHA.. 
Ini dia, 
1. Pelembab bibir berbahan beeswax
Ini si mungil yang maksimal banget mengatasi kulit kering. Buat bibir, siku, kulit bagian manapun majas. Yang tambah suka sih karena aman buat anak kecil.
Anakku suka banget ya ngerecokin ibunya dandan. Kalau lagi bete suka aku ka…

Manfaat Jalan-jalan Bagi Anak

Gambar
Kenapa sih anak kecil selain suka banget air juga demen ke luar rumah alias jelong-jelong. Nggak masalah sih kalau sore yang teduh dan udah wangi habis mandi tapi persoalannya kadang pas cuaca terik banget yaitu pukul 12an seneng ajak ke lapangan.😮
Padahal siang begitu paling enak ngadem di rumah yaa hehe.. 
Mungkin salahku juga sih karena kalau di rumah kan aku cuekin, ditinggal tidur atau bengong depan tivi 😂😂😂
Anak-anak dan orang dewasa jelas memiliki selera yang berbeda.






Bagi ibu-ibu macam aku bisa jadi bengong adalah sebuah bentuk dari me time karena lama banget nggak ada waktu buat bengong hahaha. *aku jadi ingat pernah pergi lama tanpa anak, gadget pun ketinggalan, pas nunggu antrian aku cuma bengong liat jalanan. Rencana mau dibikin blogpost tentang nikmatnya bengong tapi malah lupa *auk ah nggak penting. 😂
Dari situ aku berasumsi, anak nggak betah di rumah karena nggak ada kegiatan yang menarik buat dia, karena aku tinggal asyik nonton tivi, karena nggak ada teman selai…