Postingan

Menampilkan postingan dari Januari, 2018

Cara Sederhana Saya Lepas dari Jerat Middle Income Trap Bareng Jenius

Gambar
Setelah menjadi ibu dan memutuskan untuk nggak bekerja saya mengalami banyak perubahan. Bukan tentang rasa bosan dengan ruang lingkup IRT yang amat terbatas. Toh, hal tersebut sudah berhasil saya hempas. Hihihi..

Yuk baca curhatan saya di sini.
Yaitu sebuah masalah klasik yang menjangkit sebagian besar pasangan muda sekaligus baru pertama punya anak. Ketika sumber pendapatan berkurang namun kebutuhan hidup justru semakin banyak. Tapi, ketika sumur baru berhasil dibuat, ehh kenapa tetep nggak punya tabungan ya?

Yeay, Akhirnya Saya Sadar!
Dengan mepetnya finansial setelah resign, saya akhirnya sadar bahwa keuangan saya selama ini memang nggak sehat. Beberapa hal yang membuat saya akhirnya sadar adalah :

1. Saya nggak punya tabungan. Yes, sepanjang saya bekerja saya nggak punya saldo di rekening dengan nominal yang berarti.

2. Ketika butuh sesuatu yang bersifat darurat saya nggak punya dana cadangan.

3. Saya memimpikan sesuatu tetapi saya nggak sanggup beli padahal harganya masih rasiona…

ASUS X555BP, Teman Baru Meraih Mimpi

Gambar
Buatku impian adalah hal yang harus kita punya. 
Ibarat naik angkot kita memiliki tujuan. Harus berhenti dimana, harus membawa uang kira-kira berapa serta perlu membawa bekal makan siang atau tidak. 😑😑😑
Oke, setelah kita tahu harus kemana, maka kita tidak akan kaget jika di tengah perjalanan bertemu dengan suara bising. Hehehe.. 
Yang dimaksud suara bising di sini adalah pengamen yaa walau nggak melulu juga sih pengamen itu menimbulkan suara menganggu. 
*cek pengamen di sekitar Malioboro yang memainkan angklung rame-rame yang justru menimbulkan irama indah. 
Kalau menemukan pengamen yang mengganggu perjalanan? Biasanya kita akan kasih koin yaa. 
Nah, analoginya seperti itu. Jangan minder kalau ada suara bising  bungkam dengan hasil.
Dengan memiliki tujuan apa yang ingin kita capai, kita pun menjadi paham apa-apa saja yang kita perlukan.
Kebetulan kemarin sempat menulis di sini apa sajakah yang aku pingin punya di tahun ini. 
Salah satu poin mengatakan aku butuh laptop. 
Karena tan…

Semua Bisa Masuk Tivi

Gambar
Ini terinspirasi dari Mpok Nina yang diundang di acara Rumpi. Si mahmud yang mendadak viral karena curhatannya di medsos. Aku ngakak deh lihat klipnya. Yakin. HAHAHA.
Udah lihat juga kan?
Bahkan saking saking merasuknya di dalam hati, video yang kulihat pertama kali lewat akun ini langsung kujadikan status di WhatsApp dan kirim melalui chat pribadi ke suami.
Segitunya, yess? Hahaha.
Waow. Mendadak kuberfikir, di era modern seperti sekarang ini masuk tivi adalah perkara gampil. Kebetulan juga sore itu memang membahas orang-orang yang mendadak viral.
Cukup dengan upload video 'nyleneh' alias unik, kreatif atau melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan seseorang sebelumnya.
Masuk tivi, wawancara sana sini, follower membludak kemudian tawaran pun datang bertubi-tubi.
Tapi masalahnya apa semudah itu juga?
Aku jadi ingat deh sama Aa Raffi Ahmad. Si Aa kan sekarang jadi artis terkenal tapi sewaktu sedang merintis, katanya direwangi naik angkot ya?
Siapa di sini fans-nya? Barangk…

Ngobrolin Make-up Kilat, Yuk!

Gambar
Senin pagi, masih adakah yang malas untuk balik kerja? 
Pliz yaa jangan malas, aku saja pingin sekali merasakan lagi dunia kerja *kerja yang harus ke luar rumah* Yaah beginilah manusia, yang di rumah pingin kerja, yang kerja pingin goleran di rumah. 
Kuncinya, syukuri syukuri syukuri. 
Sudah ah ketimbang ceramahnya semakin panjang aku sebenarnya mau ngomongin dandan kilat. Hehe.. 
Hmm, jaman masih kerja dulu walaupun sudah bangun pagi tetap deh suka kekurangan durasi buat dandan. 😮
Belum usai ngelenong jarum jam sudah melenggang patah-patah, lima menit meninggalkan pukul delapan. 
*beneran melenggang patah-patah deh karena jam dinding di rumah bukan yang jenis nguwernya cepat*
Yaa jelas mepet bcoz perjalanan ke tempat kerja saja memakan waktu kurang lebih sepuluh menit. Itupun sudah menggunakan jurus seribu langkah. Btw, saya jalan kaki ke tempat gawe. Kerjaan saya masuk pukul 8.15 karena harus breafing pagi terlebih dulu. Seperti kebanyakan. 
Alhasil sering pakai jilbab sambil jalan.…

Pendidikan Tinggi untuk Anak Perempuan, Perlukah?

Gambar
Saya mempunyai teman seorang sarjana. Sebelum sempat bekerja menerapkan ilmu yang ia enyam ia ternyata memilih menikah. 
Si bapak, sepertinya keberatan. Ada raut kecewa di wajahnya. Anak pertama yang digadang-gadang mampu membanggakan orang tua ternyata sudah bukan lagi menjadi haknya. 
Belum sempat beliau mencicip hasil manis perjuangannya mengupayakan biaya kuliah, si anak sudah bergelut di dunia yang lain. 👻👻👻 *rumah tangga
Dan kita tahu yaa merintis karir sambil memiliki anak itu tidak mudah meskipun bukan tidak mungkin. 
Yang jadi pertanyaan, perlukah pendidikan tinggi bagi anak perempuan toh sebagian dari mereka banyak yang nantinya 'kembali' ke rumah. Buktinya bayak yang setelah menikah dan mempunyai anak kemudian memilih resign
Hmm, menurut saya sebagai ibu yang dulu juga memutuskan berhenti bekerja setelah melahirkan plus ibu dari seorang anak perempuan dimana kelak ia juga akan menjadi ibu, saya mengatakan, perlu! 
Menurut saya pola pikir itu dibentuk di bangku…

Lagi di Jogja? Yuk Mampir ke Waduk Sermo

Gambar
Jangan bingung mencari letak alun-alun Wates apabila datang dari arah Jogja.
Karena letaknya yang begitu mudah dijangkau yaitu dari patung kuda Karangnongko lalu belok ke arah utara. Setelah menemukan perempatan ke dua *yang pertama adalah perempatan pasar Wates* belok kanan hingga mencapai jalan bercabang. Untuk memastikan tidak salah arah cukup tengok sebelah kiri. Kalau di sisi kiri jalan adalah bangunan megah bank BPD DIY oke selamat Anda berada di jalur yang tepat hehe.
Setelah dari situ kita belok kanan sedikit saja lalu belok kiri atau ke arah palang kereta.
Cukup. Alun-alun Wates letaknya ada setelah kita melompat rel kereta api.
Tapi, bukan mau mengajak kongkow di taman yang sering disebut Malioboro-nya Kulon Progo sih tapi kita mau ke Waduk Sermo.
Papan penunjuk jalan untuk ke Waduk Sermo bisa dengan mudah dijumpai di sekitar alun-alun. Kalau masih bingung bisa kok tanya ke kanan kiri hehe.. Atau buka Google Map.

*nggak niat banget sih 🙈
Selain akses menuju tempat ini yang…

Kenapa Blogging? Mending Ngerajut Bikin Tas

Gambar
Maka berbahagialah ibu-ibu yang rempong ngurus balita. Ibu-ibu pekerja yang harus gesit bergerak agar tetap kebagian waktu. Yang masih punya mimpi lain sebagai salah satu bentuk aktualisasi diri. Produktif di jalur yang kita suka, dan di sini saya mau ngomongin blogging.
IRT dan workingmom yang hobi blogging mana suaranya? Yeaah.
Sadar atau tidak tantangan itu memaksa kita berfikir kreatif. Karena otak manusia akan bekerja maksimal jika diberi challenge.
Saya merasakan sendiri. Sibuk membuat kita lebih menghargai waktu.
Pas SMA saya ikut ekstrakurikuler yang membuat waktu luang setelah pulang sekolah saya nyaris habis.
Saya harus bisa kreatif membagi waktu karena kalau tidak saya tidak akan memiliki pakaian ganti karena cucian saya nggak ada yang nyuciin.
Ritme seperti itu kini terulang. Hari-hari saya harus bagus supaya semua pekerjaan beres. Plok plok plok.
Kenapa sih getol nge-blog? Padahal menghasilkan saja belum. *karena belum makanya harus rajin-rajin merayu Tuhan yaa supaya im…

Oleh-oleh Dari Kamar Bersalin

Gambar
Ketika itu saya hampir menyerah dan kalau diperbolehkan saya memilih jalan operasi dibanding melahirkan secara normal.
Saya adalah perempuan 22 tahun ketika hamil anak pertama. Pertama yaa jadi wajar kalau pemikiran saya masih begitu lugu dan berhak untuk ditertawakan. Minta dimaklumi hehehe.
Maaf yaa saya salah. Semua tak seindah nampaknya.
Bloonnya saya pun berfikir ketika mules dan sampai rumah bersalin saya akan segera mendapatkan pertolongan medis lalu kelar. Hahaha.
Benar yaa ibu hamil dan melahirkan itu perjuangannya warbyasak. *muji ibuku kok*
Pukul satu dini hari saya ke rumah sakit. Ternyata masih pembukaan satu dan artinya saya dipersilakan pulang karena perkiraan launching masih lama.
Di rumah saya gaduh terus, nggak bisa berhenti meremas-remas tangan suami.
Ikut-ikutan lugu suami mengatakan, "Dek jangan nakal yaa ibu kesakitan," pada buah hati yang juga sedang berjuang mencari jalan 'keluar'.
Harapannya sih adek nurut seperti kemarin-kemarin, setiap rad…

5 Hal yang Harus Dibawa Saat Travelling Bersama Si Kecil

Gambar
Waktu itu ada acara keluarga yaitu tradisi tilik besan ke daerah Sragen. Jarak tempat tinggal saya dan Sragen lumayan jauh yaitu kurang lebih empat jam perjalanan. Kalau pulang pergi yaa tinggal kalikan dua saja alias delapan jam. Kami menggunakan bus sewaan. 
Hmm, awalnya saya ketar-ketir juga. Ini adalah perjalanan jauh pertama saya dengan si anak. Suami juga sedang berhalangan ikut. 
Tapi gimana dong emaknya kan kangen travelling. *kuanggap ini sebagai travelling, asyik*
Hal terbesar yang dikhawatirkan saat harus bepergian bersama si kecil biasanya terletak di perjalanannya. 
Anak kecil kan berbeda dengan orang dewasa baik dilihat dari segi ketahanan fisik hingga ke pemahaman kenapa sih dia diminta duduk anteng, mereka cepat bosan dan beranjak dari tempat duduk adalah hal pertama yang mereka kira dapat membunuh bosannya 'kan? 
Maka hal pertama yang harus dibawa adalah perasaan happy si ibu agar si kecil pun ikut happy. Hilangkan ramalan-ramalan yang berseliweran di kepala gant…

5 Daftar Kosmetik Impian

Gambar
Setelah harus bangun di tengah malam karena anak minta nenen aku bukannya lanjut tidur tetapi justru,


Ambil handphone. 🎉🎉🎉


Hmm.. Memiliki jadwal tidur yang amburadul ternyata ngefek juga ke muka. Terlebih aku sering ketiduran pas ngelonin anak. Ini artinya aku skip kegiatan bersih-bersih muka. Kemarin aku sudah singgung kalau muka ini gampang banget kena jerawat.

Baca juga Soal Jerawat dan Trik Menghadapinya

Yasudah jerawat tumbuh subur dan wajah semakin kusam.

Nah balik lagi, di tengah malam itu apalagi kalau bukan sibuk kepoinonlineshop. Kepo terus jarang beli. *saingan sama susu anak* Hahaha.

Nah ini dia daftar kosmetik yang baru sempat aku kasih 💗💗💗 alias baru masuk di wishlist.

1. 92% Aloe Vera Soothing Gel (TUBE)


Hari Minggu kemarin Nature Republic mengadakan opening di Lippo Mall Puri.

Dan sekejap beranda Instagram-ku dipenuhi postingan tentang brand dari Korea ini.

Aloevera shooting gel. Penasaran diriku pingin nyoba.

Alasan pingin beli :

• Berbentuk gel, melembabkan, mel…

Soal Jerawat dan Trik Menghadapinya

Gambar
Sebagai pemilik kulit wajah berminyak jerawat ibarat sahabat karib. Selalu ada setiap saat tak hanya ketika menstruasi tiba.

Bertahun berteman dengan problem yang sama membuat saya lumayan paham bagaimana cara menghadapinya *tsaaah.

Jerawat biasa dialami remaja yang sedang dalam masa puber.

Ehm, saya pernah di-PHP jerawat nih. Jadi saat itu saya hamil dan kulit tidak ditumbuhi jerawat sama sekali. Wah happy banget. Saya pikir episode dramatis bersama jerawat sudah berakhir ehh ternyata, saat habis masa hamil yasud balik lagi pada kondisi awal : kulit yang rentan berjerawat.

Jadi benar ya, jerawat hadir karena
pengaruh hormon plus diperparah oleh kebersihan kulit muka yang kurang terjaga. Huhuuu..

Sebuah pepatah legend 'mencegah lebih baik daripada mengobati' ternyata juga berlaku lho untuk si jerawat ini.

Nah, baiklah itu artinya jaga kebersihan kulit. Ini biasa saya lakukan dengan menerapkan beberapa hal berikut,

1. Menjaga kebersihan kulit bagi saya artinya rutin membersihk…

Apa Kabar Resolusi?

Gambar
Hai, resolusi apa kabar?

Saya termasuk orang yang sebel kalau lihat barang milik saya samaan dengan yang lain. Di dalem beneran terasa ada hati yang luka. Termasuk soal foto di blog.

Gini ceritanya,
Awal tertarik dunia blogging sekitar tahun 2010an-lah.

Tapi ketika itu nggak cinta proses. Ada hal yang lebih menarik minat saya : kerja nyari uang. Sempat saya memandang rendah hobi ini. Di wawancara kerja saya bilang : saya hobi nulis tapi saya harus realiatis *untuk tak menggantungkan hidup pada bidang ini*

Yang ada cuma pingin punya blog kayak si onoh tanpa mau tahu jalan yang bener buat dapetinnya.

Baca : Pentingnya Kelas Blogging untuk
Blogger Pemula

Bukannya blog aduhai tapi tampilan ancur yang didapat! Dan waktu saya pun habis hanya untuk mencoba segala custometemplate, aneka widget ditambahkan. Saya lupa kalau CONTENT IS THE KING *walau tak absolut*

Hmm, maklum anak bawang yang baru mengarungi biduk kehidupan. Pun jaman dulu internet belum semarak saat ini. Kelas training online b…

Flashback

Gambar
Rentetan kejadian seperti diulang kembali.
Salah satunya adalah keingat masa masa masih bekerja. *pliz ya jangan bosan 😉

Kerja di sana mah suka banget karena saya memang demen nulis. Sekarang nggak nyangka, dari kegiatan nulis, saya mendapatkan banyak hal.

Terutama perubahan mindset. Pepatah 'Jangan menunda sampai besok apa yang bisa kamu kerjakan hari ini' benar-benar membekas.

Setelah hanya di rumah saya akhirnya diberi kesempatan untuk memulai apa yang saya rencanakan dulu ketika hamil.

Nah, di sini saya merasa ditampar-tampar dan makin merasakan bahwa menunda itu benar-benar hal yang bikin rugi.

Seandainya dulu saya segera eksekusi paling nggak saat ini saya sudah di tengah jalan dan bukannya baru memulai.

Tapi kalau sudah kejadian, sesal itu rasanya sia-sia. Ibarat kertas yang sudah dibakar menjadi abu, yaa kan?

Toh hikmahnya, saya semakin sadar bahwa Alloh mempertemukan sesuatu dalam waktu yang tepat. Yes.

Misalkan untung saja saya bertemu 'dengannya' pas kondi…

Dear Daughter (Anakku Bukan Bayi Lagi)

Gambar
Dear daughter,

Kamu lucu, tingkahmu menggemaskan. Kadang ibu kadang bapak suka ciumi kamu pas tidur. Baukmu kecut. Ibu suka. Jangan protes ya sampai detik ini ibu masih suka ciumi kamu. Takut keburu kamu dewasa dan risih kalau ibu cium cium.




Sebuah kiriman dibagikan oleh tami (@tammyatammy) pada 17 Des 2016 jam 7:40 PST


Sekarang kamu besar, belum dewasa tapi seenggaknya lebih besar dibanding pas kamu masih bayi, 26 bulan yang lalu.

Tingkahmu makin beragam. Kamu sekarang susah disuruh tidur. Kalau tidur dan nggak ditemeni nggak lama kamu pasti bangun.

Kamu sudah besar, seperti itu kamu menyebut dirimu pas ditanya kenapa nggak nenen.

Ibu selalu ingin dekat dengan kamu. Makanya ibu berhenti kerja. Tapi maaf yaa ibu suka uring-uringan kalau mau pergi sendiri dan kamu ngintil.

Ibu lupa pada mimpi ibu. Maaf ya.

Tapi itu hanya sesaat maksudnya, ibu tidak benar-benar pingin menjauh dari kamu. Ibu sayang tapi ibu pingin kamu tahu bahwa bukti sayang tidak selalu dengan raga yang berdekatan.

Ibu …

Ketikaku Malas Blogging

Gambar
Saya bukan tipe orang yang anti terhadap obat dari dokter. Justru saya bisa dilabeli 'fanatik' karena sakit sedikit saja langsung ke dokter. Bukan tanpa sebab, ini tidak lain karena saya pernah divonis sakit padahal gejala yang saya rasakan tak seberapa. Jadi semacam ada trauma.

Sekarang, karena beberapa peristiwa selama kehamilan akhirnya membikin saya menjadi lebih bijak dalam menyikapi sakit. Bukan lagi trauma yang mengendalikan.

Sekitar tiga tahun yang lalu..

Pertama, saat saya belum tahu apakah saya positif hamil atau tidak namun feeling berkata saat itu saya sedang hamil.

Seperti biasa saya ke klinik kecantikan. Oleh dokter saya diresepkan sebuah kapsul untuk mempercepat penyembuhan jerawat saya dari dalam. Karena ada feeling, saya pun bertanya pada dokter, "Dok, obat ini boleh diminum wanita hamil?"

Sang dokter balik bertanya, "Mba lagi hamil?"

Saya menggeleng, "Belum tahu."

"Nah, kalau mba nggak hamil boleh."

Mungkin sudah jala…