Pentingnya Kelas Blogging untuk Blogger Pemula


Ketika kita berfikir positif, berterimakasih atas nikmat sekecil apapun dan selalu fokus solusi terhadap setiap masalah yang ada, pasti semua akan menjadi mungkin, hal-hal yang awalnya dianggap mustahil. ☺

Dulu saya pernah bermimpi untuk punya blog.
Mimpi itu datang dari artikel majalah remaja yang saya baca. Berasal dari akun blog fashion semacam Sally Jane Vintage, Sea of Shoes yang menampilkan gambar-gambar kece, bening, berkualitas tinggi.

Sea of Shoes
Instagram.com/seaofshoes

Saya ngiler.


***


Karena badan sudah memberi kode untuk istirahat akhirnya menginjak trimester tiga kehamilan saya resign dari kerjaan.

Di rumah tanpa kepastian aktivitas bikin saya bengong.

Melihat laptop nganggur apalagi yang saya lakukan untuk membunuh bosan selain blogwalking?

Fyi, Andra Alodita dan Annisa Steviani adalah dua blogger favorit saya hingga kini.

Dari situ impian saya punya blog yang pernah terhempas odong-odong pun akhirnya mencuat lagi. 😆

Balik lagi ketika kita berfikir positif, semua pintu seakan terbuka. Saya berani bilang karena ini sama persis dengan yang saya alami.

Saya terheran-heran, salah satunya ketika bertemu dengan kelas blog padahal mengenal mentornya pun tidak.

Pikiran positif seperti mengkoneksikan hal-hal yang kita butuhkan. Aih, mengkoneksikan apa sih 😒

Kelas gratis berisi tutorial mudah belajar blog yang membuka banyak wawasan.

Sistemnya, pemberian materi di WhatsApp grup disertai tugas. Pasti terpacu karena kelas ini menerapkan sistem 'drop out' bagi yang tidak mengerjakan.

Oya, semua materi yang diberikan berbentuk link yang mengarah pada blogpost. Itung-itung pemanasan buat jempol supaya terbiasa klak-klik yaa kan?😋

Dari yang tidak tahu hal seremeh fungsi setiap ikon pada dasbor, bagaimana membikin link hidup, membuat halaman di blog dan pengetahuan dasar nge-blog lainnya akhirnya menjadi tahu.

Di luar ekspektasi bahkan di kelas ini saya diajari mendaftarkan akun di Google Console, dimana hal ini sangat penting karena membuat akun kita akan ramah di mesin pencari.

Ya bahagia dong, pasti..

Di kelas ini kita pun bebas konsultasi dan yang paling membahagiakan adalah bertemu dengan orang-orang sevisi.

Membangun blog apalagi yang belum menghasilkan untuk sebagian orang adalah membosankan.

Tanpa orang-orang sevisi yang membuahkan kompetisi positif saya rasa akan mengendorkan semangat blogging dan meghasilkan sekuel dari mimpi-yang-terhempas-odong-odong hehe.

Untuk pemula yang tertarik dengan dunia blogging saya rasa wajib hukumnya yang namanya ikut kelas blog. Dan kelas blog dari #BOP ini adalah salah satunya.

*maafkan, saya kehilangan dokumentasi untuk Sally Jane Vintage sedang semua yang ditampilkan adalah tahun 2017 bukan tahun dimana saya mulai tertarik blogging 


1 komentar

  1. Bagus mba. Pemaparan ide tulisannya tertib. Penempatan kata kunci pada link juga sudah tepat. Hanya beberapa paragraf diawal malah kependekan.Itu aja ;-)

    BalasHapus